Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS Tingkat Akademi/Universitas Tahun 2016

  • 0
img-20161020-wa0016

Sosialisasi Pencegahan HIV/AIDS Tingkat Akademi/Universitas Tahun 2016

Category : Uncategorized

4130b54208512f2b8cbbfd90a8c9a6d9            STKIP PGRI Banjarmasin telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Banjarmasin, untuk mengadakan sosialisasi  pencegahan penyakit HIV/AIDS tingkat akademi/universitas. Acara tersebut berlangsung pada Selasa, 20 Oktober 2016 pukul 09.00-12.00 WITA bertempat di Aula STKIP PGRI Banjarmasin. Adapun peserta yang mengikuti acara ini merupakan bagian dari civitas akademika sejumlah 50 orang, yang diutamakan berusia 15 sampai dengan 24 tahun dan aktif. Peserta akan ditawarkan pemeriksaan HIV/AIDS dari layanan Mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT) oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

img-20161020-wa0016    HIV (Human Immuno–Devesiensi) adalah virus yang hanya hidup dalam tubuh manusia, yang dapat merusak daya kekebalan tubuh manusia. AIDS (Acguired Immuno–Deviensi Syndromer) adalah  kumpulan gejala menurunnya gejala kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit dari luar.

              Salah satu bahaya AIDS ialah, Orang yang telah mengidap virus AIDS akan menjadi pembawa dan penular AIDS selama hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat. AIDS juga dikatakan penyakit yang berbahaya karena sampai saat ini belum ada obat atau vaksin yang bisa mencegah virus AIDS. Selain itu orang terinfeksi virus AIDS akan merasakan tekanan mental dan penderitaan batin karena sebagian besar orang di sekitarnya akan mengucilkan atau menjauhinya. Dan penderitaan itu akan bertambah lagi akibat tingginya biaya pengobatan. Bahaya AIDS yang lain adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Sehingga serangan penyakit yang biasanya tidak berbahaya pun akan menyebabkan sakit atau bahkan meninggal.

                Sejak pertama seseorang terinfeksi virus HIV, maka virus tersebut akan hidup dalam tubuhnya, tetapi orang tersebut tidak menunjukkan gejala penyakit namun terlihat betapa sehat, aktif, produktif seperti biasa. Karena gejala-gejala AIDS tampak setelah + 3 bulan. Adapun gejala-gejala AIDS itu sendiri adalah : (a) Berat badan turun dengan drastis, (b) Demam yang berkepanjangan(lebih dari 38 0C), (c) Pembesaran kelenjar (dileher), diketiak, dan lipatan paha)yang timbul tanpa sebab, (d) Mencret atau diare yang berkepanjangan, (d) Timbulnya bercak-bercak merah kebiruan pada kulit (Kanker kulit atau KAPOSI SARKOM), (e) Sesak nafas dan batuk yang berkepanjangan, (f) Sariawan yang tidak sembuh-sembuh, yang lama-kelamaan akan berakhir dengan kematian.

              Sebelumnya virus AIDS tidak mudah menular virus influensa. Kita tidak usak terlalu mengucilkan atau menjauhi penderita AIDS, karena AIDS tidak akan menular dengan cara – cara seperti ; (a) Hidup serumah dengan penderita AIDS (asal tidak mengadakan hubungan seksual), (b) Bersenggolan atau berjabat tangan dengan penderita, (c) Bersentuhan dengan pakaian dan lain-lain barang bekas penderita AIDS, (d) Makan dan minum, (e) Gigitan nyamuk dan serangga lain, (f) Sama-sama berenang di kolam renang. Penyebab menularnya AIDS dapat terjadi melalui cara-cara sbb : (a) melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang mengidap HIV, (b) Transfusi darah yang mengandung virus HIV, (c) Melalui alat suntik, akupuntur, tato, dan alat tindik yang sudah di pakai orang yang mengidap virus AIDS, (d) Hubungan pranatal, yaitu pemindahan virus dari ibu hamil yang mengidap virus AIDS kepada janin yang dikandungnya.

                  Cara mencegah HIV AIDS adalah ; (a) Hindarkan hubungan seksual diluar nikah. Usahakan hanya berhubungan dengan satu orang pasangan seksual, tidak berhubungan dengan orang lain, (b) Pergunakan kondom bagi resiko tinggi apabila melakukan hubungan seksual, (c) Ibu yang darahnya telah diperiksa dan ternyata mengandung virus, hendaknya jangan hamil. Karena akan memindahkan virus AIDS , (d) pada janinnya.Kelompok resiko tinggi di anjurkan untuk menjadi donor darah, (e) Penggunaan jarum suntik dan alat lainnya ( akupuntur, tato, tindik ) harus dijamin sterilisasinya.


About Author

admin

teaching to further educate students with good character

Leave a Reply

Oktober 2016
M S S R K J S
« Sep   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Statistic Visitors

  • 0
  • 11
  • 5
  • 1.680
  • 784