Kurikulum

Kurikulum

Penyusunan Kurikulum ini mengacu dari Panduan Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi tahun 2012. Secara umum, ada lima kelompok mata kuliah, yakni

  1. Kelompok Mata Kuliah Umum (MKU)
  2. Kelompok Mata Kuliah Dasar kependidikan (MKDK)
  3. Kelompok Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK)
  4. Kelompok Mata Kuliah Ketrampilan Proses Pembelajaran (MKKPP)
  5. Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran (MKPP)

Kelompok mata kuliah umum yaitu kelompok mata kuliah yang berhubungan dengan elemen kurikulum pengembangan jiwa kebangsaan, cinta tanah air, sosial kepribadian, dan karakter bangsa. Kelompok mata kuliah umum ini membekali para mahasiswa sebagai calon guru dengan kompetensi dasar umum yang kandungannya antara lain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan , ke-Indonesia-an yang didampingi penumbuhan kemandiriian berpikir, cerdas, terampil, menghormati keragaman budaya, menjunjung tinggi etika, dan bertanggung jawab atas kesejahteraan bangsa dan tanah air.

Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) yaitu kelompok mata kuliah dasar akademik kependidikan yang membekali para calon pendidik dengan kompetensi dasar keilmuan mendidik.

Mata Kuliah Bidang Keahlian (MKBK) yaitu mata kuliah yang berkaitan dengan kompetensi kajian utama yang sesuai dengan jurusan atau program studi masing-masing. Dalam kelompok ini juga termasuk mata kuliah pilihan yang dikembangkan dalam bentuk paket pilihan mata kuliah guna memperkuat dan memperdalam kompetensi utama lulusan yang relevan dengan rumpun bidang studinya sejalan dengan visi dan misi program studi. Mata kuliah pilihan juga dapat memberikan kemampuan tambahan yang memungkinkan lulusan memiliki kewenangan tambahan untuk menghadapi situasi lapangan yang beragam.

Mata Kuliah Keterampilan Proses Pembelajaran (MKKPP) yaitu mata kuliah yang merupakan elemen kompetensi khusus yang mencakup teori dan praktik pelaksanaan proses pembelajaran untuk kelompok peserta didik dan bidang studi tertentu. Kelompok mata kuliah ini diarahkan pada kecakapan yang berhubungan praktik pengembangan perangkat pembelajaran di sekolah (silabus, RPP, pengembangan materi ajar, pendekatan metode dan teknik pembelajaran, media pembelajaran dan alat evaluasi). Kelompok mata kuliah ini juga mengaplikasikan prinsip, konsep, dan teori yang dibahas diperkuliahan, interaksi pembelajaran di kelas dan kegiatan pembelajaran lainnya.

Mata Kuliah Pengembangan Pendidikan yaitu mata kuliah yang membekali para guru untuk dapat mengembangkan keilmuan dan bidang studi yang ditekuninya berdasarkan praksis-praksis pendidikan yang dianalisis dengan bekal metodologi penelitian baik kualitatif dan kuantitatif.


November 2017
M S S R K J S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistic Visitors

  • 0
  • 11
  • 5
  • 1.680
  • 784